Headline :
Home » , » Facebook

Facebook

Penulis : Unknown on Minggu, 06 April 2014 | 03.49

Buletin PIP Edisi 1

Sebelum melangkah jauh, ada beberapa pertanyaan yang harus anda jawab. Apakah anda tahu siapa pendiri facebook? Dan apakah anda tahu kapan facebook berdiri? Sebagaimana orang bijak mengatakan “Tak kenal maka tak sayang, tak sayang maka tak cinta”
Baik, jika anda belum tahu siapa dan kapan berdirinya facebook maka silahkan baca baik-baik buletin ini mulai dari awal sampai akhir, maka anda akan tahu siapa dan kapan berdirinya facebook itu. Bahkan anda akan tahu lebih jauh tentang pemilik facebook yang sebenarnya.

A.   Sejarah Berdirinya Facebook
Mark Zuckerberg
Text Box: Halaman 2
Penemu Facebook adalah mahasiswa ilmu komputer Universitas Hardvard bernama Mark Zuckerberg, bersama teman sekelasnya Eduardo Saverin, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes.
Sejak kecil Mark Zuckerberg sudah  belajar bahasa program sehingga pada saat ia menginjak bangku kuliah ia sudah mahir dalam bahasa program. Dari kemahiran Zuckerberg inilah sehingga ia membuat situs yang bernama Facemash yang resmi dibuka pada 28 Oktober 2003, di mana pengunjung situs tersebut dapat membandingkan dua foto mahasiswa secara berdampingan. Namun facemash tidak berumur panjang akibat dari ulah Zuckerberg yang menggunakan keterampilan komputernya untuk menghack/menembus jaringan keamanan Harvard untuk menyalin gambar dan identitas mahasiswa Harvard yang akan digunakan di situs facemashnya tersebut.
Tidak lama kemudian Mark Zuckerberg kembali membuat sebuah situs yang bernama Thefacebook pada tanggal 4 Februari 2004, namun kembali dihadapkan dengan sebuah masalah ketika ketiga senior Zuckerberg menuduhnya telah mencuri gagasan mereka untuk sebuah situs web jejaring sosial yang disebut HarvardConnection dan menggunakan ide-ide mereka untuk Thefacebook. Dan ketiga senior Zuckerberg ini mengajukan gugatan hukum kepadanya, namun belakangan masalah ini diselesaikan di luar pengadilan.
Setelah permasalahan tadi selesai, Zuckerberg mengembangkan situs Thefacebook bersama teman-temannya ke sejumlah Perguruan Tinggi lain yang awalnya hanya di lingkungan Harvard. Dan pada tahun 2004 itu juga, salah seorang investor, Sean Parker (Pendiri Napster) diangkat menjadi Presiden Perusahaan. Kemudian pada tahun 2005 Thefacebook berganti nama menjadi Facebook setelah membeli nama domain facebook.com sebesar $200.000 (sekitar 1,8 Milyar rupiah). Perjuangan Zuckerberg pun menuai hasil yang memuaskan ketika ia menjadi Miliarder termuda kedua di dunia.

B.   Pendiri Facebook Urutan 2 Miliarder Muda di Dunia
CEO Facebook Mark Zuckerberg, sudah menjadi miliuner sebelum berusia 25 tahun.
Forbes tahun 2011 telah merilis 400 orang terkaya di Amerika Serikat, dalam daftar Forbes 400, Bill Gates yang merupakan orang terkaya di dunia tentu menjadi pemuncak daftar orang paling kaya di AS tersebut.
Mayoritas miliarder yang masuk daftar Forbes 400 adalah individu yang sudah berusia di atas 45 tahun. Hanya 20 "pemuda" yang berhasil masuk ke daftar kaum tajir tersebut. Dari ke 20 orang superkaya ini, hanya 11 orang yang usianya berkisar antara 29-40 tahun.
Sumber kekayaan para miliarder muda ini rata-rata berasal dari sektor teknologi informasi.
Dustin Moskovitz adalah miliarder paling muda yang berhasil masuk ke jajaran elite daftar superkaya di AS tersebut. Pemuda berusia 29 tahun ini merupakan salah seorang yang membantu lahirnya Facebook. Kekayaannya berasal dari pembagian sekitar 5 persen saham Facebook lantaran dia membantu Zuckerberg mendirikan facebook. Kekayaannya saat ini mencapai 5,3 miliar dollar AS. Sementara Mark Zuckerberg, sang CEO Facebook, menjadi orang termuda kedua yang masuk dalam Forbes 400. Ia hanya delapan hari lebih tua dari Dustin. Kekayaan pendiri Facebook ini mencapai 19 miliar dollar AS. Secara keseluruhan, ia berada di posisi 20 dari 400 orang superkaya AS. Mengapa tidak dengan melihat realita saat ini dimana pengguna facebook semakin meningkat dari hari ke hari.

C.   Facebook Zaman Sekarang
Dewasa ini facebook semakin diminati oleh banyak orang meskipun telah hadir  beberapa saingan seperti Twitter dan yang lainnya, namun facebook tetap menjadi pilihan utama dalam penggunaan situs jejaring sosial karena dianggap lebih mudah dan lebih bersahabat dengan fitur-fitur yang disediakan oleh facebook untuk para penggunanya.
Facebook sepertinya tidak asing lagi di mata masyarakat saat ini karena dilihat dari pengguna facebook yang makin hari makin bertambah. Jika ditelusuri ternyata pengguna facebook bukan saja anak SMA, anak kuliahan, pegawai dan sebagainya tetapi sudah banyak anak Sekolah Dasar juga telah menggunakan facebook. Katanya zaman sudah modern dan harus mengikuti era baru ini, padahal facebook melarang anak-anak yang masih berumur di bawah 13 tahun untuk menggunakan facebook. Jika sudah ada peraturan dari facebook seperti itu kenapa banyak anak yang belum berumur 13 tahun menggunakan facebook?? Nah, inilah dunia maya. Sekalipun facebook sudah melarang akan tetapi pada saat mendaftar di facebook umur bisa di manipulasi. Maka dari itu berhati-hatilah saat menggunakan facebook atau situs jejaring sosial lainnya karena banyak orang kena tipu lewat facebook bahkan banyak terjadi perilaku asusila sampai kepada pembunuhan karena facebook.

D.  Dampak Facebook Terhadap Kader IPM Bantaeng
Ada banyak dampak yang ditimbulkan facebook terhadap para kader IPM Bantaeng baik yang positif sampai kepada yang negatif.
Dampak Positif :
Dampak positif yang diberikan facebook kepada para kader IPM adalah dengan adanya group facebook IPM Bantaeng dan group facebook Keluarga Besar PD. IPM Kabupten Bantaeng tentunya memberikan manfaat yang sangat baik bagi kader IPM, di mana facebook menjadi wadah komunikasi, sharing, informasi dan sebagainya kepada sesama kader IPM Bantaeng sehingga membuat silaturahmi dan komunikasi tidak terputus meskipun berada di tempat yang jauh. Dan memang situs jejaring sosial seperti ini harusnya kita manfaatkan dengan baik, yang mana facebook tidak hanya bisa menjadi sebuah wadah perkumpulan/group tetapi facebook juga bisa menjadi media untuk berdakwah.
Dampak Negatif :
Jika berbicara hal negatif yang ditimbulkan facebook terhadap kader IPM Bantaeng saat ini sangatlah memprihatinkan, mengapa tidak begitu banyak kader IPM Bantaeng yang kelihatannya biasa-biasa saja ketika memajang fotonya yang tidak mengenakan jilbab di facebook padahal itu sudah melanggar janji dan sumpahnya sebagai kader IPM yang akan taat dan patuh terhadap perintah Allah dan menjauhi segala larangan-Nya.
Terlepas dari foto, sering juga saya temukan kader IPM yang masih berstatus pelajar (Siswa/Siswi) disalah satu sekolah online setiap hari, online sampai jam 12 malam bahkan ada juga yang online sampai di atas jam 12 malam. Entah apa yang ada dalam pikiran mereka sehingga facebook seakan menjadi kebutuhan prioritas dan pelajaran menjadi urusan belakangan. Bagaimana kira-kira bangsa ini ke depan jika kader IPM saja yang ditraining selama ± 1 pekan kemudian di follow up plus pendampingan masih seperti itu?? Tentunya ini menjadi tugas kita bersama untuk mengembalikan nilai-nilai kekaderan yang telah hilang pada kader-kader IPM Bantaeng saat ini.

E.   Pendiri Facebook Menjadi Tokoh Yahudi Nomor 1 Sejagat
Mark Zuckerberg, terpilih sebagai tokoh Yahudi nomor 1 sejagat dalam pemilihan tahunan “50 Tokoh Yahudi Sedunia” yang digelar oleh surat kabar the Jerusalem Post tahun 2011.
Zuckerberg berhasil mengalahkan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu yang menempati posisi kedua. Sebelumnya, Zuckerberg juga terpilih sebagai tokoh tahun 2010 versi majalah Time.
Popularitas Zuckerberg menjulang seiring meroketnya ketenaran Facebook. Hingga pertengahan tahun 2011, diperkirakan Facebook sudah memiliki 750 juta pengguna dan mencapai 1 miliar lebih pengguna di akhir tahun 2011 kala itu. Seiring berjalannya waktu, pengguna facebook pun semakin meningkat hingga di tahun 2013 ini.
Setelah anda selesai membaca buletin ini, saya rasa anda akan mengerti apa maksud dari pertanyaan di awal bacaan tadi!!
Bagikan :

Posting Komentar

 
Company Info | Kontak | Google Plus | Twitter | Facebook | Email | Situs
Copyright © 2013. Ikatan Pelajar Muhammadiyah Bantaeng . All Rights Reserved.